Pelatihan Penyusunan Modul Praktikum Fisika Pada Guru SMK Gutama Jakarta dengan Memanfaatkan Artificial Intelligence
DOI:
https://doi.org/10.35968/h7saky24Keywords:
Kecerdasan Buatan, Fisika, Modul Praktikum, SMK GutamaAbstract
Peningkatan kualitas pembelajaran sains di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan tantangan yang mendesak, terutama dalam pengembangan modul praktikum yang relevan dan aplikatif. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Penerbangan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma sebagai respons terhadap kebutuhan guru dalam menyusun modul fisika yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Tujuan dari PKM ini adalah memberikan pelatihan kepada guru-guru SMK Gutama Jakarta untuk menyusun modul praktikum fisika secara mandiri dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), khususnya melalui pemanfaatan ChatGPT. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Desember 2024 dan diikuti oleh 7 guru bidang sains. Metode yang digunakan meliputi survei awal untuk pemetaan kebutuhan, pemaparan materi tentang pemanfaatan AI dalam pendidikan, serta praktik langsung penyusunan modul bertema kesetimbangan gaya dengan bimbingan instruktur. Hasil evaluasi melalui angket menunjukkan bahwa 66,7% peserta memberikan respon yang sangat positif terhadap pelatihan ini. Temuan ini menunjukkan bahwa teknologi AI, seperti ChatGPT, dapat menjadi solusi praktis dan efektif dalam mendukung guru menyusun modul praktikum yang kontekstual dan sesuai kebutuhan pembelajaran di lapangan.
Improving the quality of science education in vocational high schools (SMK) remains an urgent challenge, particularly in the development of relevant and applicable practicum modules. This community service program (PKM) was conducted by the Aeronautical Engineering Study Program at Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma in response to the need for teachers to independently develop innovative physics practicum modules aligned with current technological advancements. The primary objective of this PKM was to train science teachers at SMK Gutama Jakarta in utilizing artificial intelligence (AI), specifically ChatGPT, for the independent development of physics practicum modules. The activity was conducted in December 2024 and involved seven science teachers. The method included a preliminary needs assessment survey, presentation of AI applications in education, and hands-on practice in developing a practicum module on the topic of force equilibrium, guided by instructors. Evaluation results obtained through post-training questionnaires revealed that 66.7% of participants responded very positively to the training. These findings indicate that AI-based tools, such as ChatGPT, can serve as practical and effective solutions for assisting teachers in creating contextual and field-relevant practicum modules.
Downloads
References
Anita, M., Irma, S., & Kadir, F. (2022). Analisis Pelaksanaan Praktikum Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Maros. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 4(2), 125-136. doi:https://doi.org/10.31540/sjpif.v4i2.1857
Arifin, M., Franciscus, F., Warsiyanto, B. A., Chaeroni, A., Fairuza, S., Martina, A., . . . Sari, R. A. (2024). Pembelajaran Dasar Teknologi Penerbangan Melalui Praktikum Fisika Sekolah Menengah Atas. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 18-27. doi:https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9534
Chiappetta, E. L., & Koballa, T. R. (2014). Science instruction in the middle and secondary schools: developing fundamental knowledge and skills. Houston: Pearson+
Hofstein, A., & Naaman, R. M. (2007). The laboratory in science education: the state of the art. Chemistry Education Research and Practice, 105-107. doi:DOI: 10.1039/B7RP90003
Muhammad Hadi Widanto, Muhamad Jayadi, Riskha Agustianingsih, Rafika Arum Sari, & Budi Aji Warsiyanto. (2024). Pelatihan Proses Manufaktur Material Komposit dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa SMKN 4 Depok untuk Penyelarasan Pendidikan dengan Tren Industri. Jurnal Bakti Dirgantara, 1(2), 20–27. https://doi.org/10.35968/36512c82
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Bakti Dirgantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.