Pelatihan Teknologi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Muhammadiyah 15 Jakarta

Authors

  • jehan kurnia Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author
  • Betesda Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author
  • Dimpo Sinaga Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author
  • Alcianno Ghobadi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author
  • Tata Sumitra Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author
  • Muryan Awaludin Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author

DOI:

https://doi.org/10.35968/j44qvn80

Keywords:

Desain kominikasi visual , Multimedia, Game, Pendidikan

Abstract

Bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) saat ini berkembang pesat di sektor profesional dan pendidikan. Di Indonesia, perkembangan ini menunjukkan dinamika yang cukup kompleks, khususnya di pendidikan kejuruan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah rendahnya kompetensi siswa dalam multimedia, terutama pengembangan game, seperti yang terlihat di SMK Muhammadiyah 15 Jakarta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bidang multimedia pada kurikulum DKV. Program dirancang untuk mendukung pendidikan kejuruan melalui pelatihan berbasis teori dan praktik. Pelatihan dimulai dengan penyampaian materi dasar, dilanjutkan dengan praktik langsung menggunakan Construct 2, hingga tahap publikasi game secara daring. Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam seluruh proses pembuatan game, dari perancangan hingga implementasi. Hasil evaluasi menunjukkan 66,7% siswa sangat setuju bahwa pelatihan bermanfaat, dan 33,3% menyatakan setuju. Program ini juga memperkenalkan materi multimedia baru yang belum diajarkan sebelumnya, sehingga berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan kompetensi siswa. Dengan demikian, lulusan SMK diharapkan lebih siap menghadapi tuntutan industri kreatif saat ini.

 

The field of Visual Communication Design (VCD) is currently experiencing rapid growth in both professional and educational sectors. In Indonesia, this development presents a complex dynamic, particularly in vocational education. One key challenge is the limited student competence in multimedia, especially in game development, as observed at SMK Muhammadiyah 15 Jakarta. This community service initiative aims to enhance students' knowledge and skills in multimedia within the VCD curriculum. The program supports vocational education through a combination of theoretical and practical training. The sessions begin with basic theoretical instruction, followed by hands-on practice using Construct 2, and conclude with the online publication of the developed games. The activity provides students with direct experience throughout the game development process, from design to implementation. Evaluation results show that 66.7% of students strongly agreed that the training was beneficial, while 33.3% agreed. The program also introduced new multimedia content previously unavailable in the school’s curriculum, contributing to improved learning quality and student competence. Consequently, vocational school graduates are expected to be better prepared to meet the demands of today’s creative industries.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

smkn4bdg.https://smkn4bdg.sch.id/berita/mengenal-sekolah-menengah-kejuruan-pusat-keunggulan. 2021. Mengenal Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan.

Rizky Wandri, Febrian Ade Ranggi, Pratama Indra Habib, Fadhilah Rizki M., Gunawan Hendra, Hanafiah Anggi. Meningkatkan Pemahaman Dan Pelatihan Web Design Untuk Siswa SMK N 1 Kandis. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penerapan Ilmu Pengetahuan. 2022;3:18–22.

Faozan Tri Nugroho. https://www.bola.com/ragam/read/5574633/contoh-contoh-penerapan-iptek-di-berbagai-bidang?page=2. 2024. Contoh-Contoh Penerapan Iptek di Berbagai Bidang.

binus.ac.id. https://binus.ac.id/bandung/2022/10/mari-mengenal-pkm-penerapan-iptek-pkm-pm-2022-lebih-dekat/. 2022. Mari Mengenal PKM Penerapan IPTEK (PKM-PM) 2022 Lebih Dekat.

Putra PA, Soepriyanto yerry, Husna arafah. https://www.neliti.com/publications/334720/pengembangan-multimedia-game-edukasi-tentang-keragaman-masakan-khas-daerah-daera. 2018. Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman masakan Khas Daerah-daerah di Indosenesia untuk Kelas V SD.

Soleha Hakimmatus. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Games Edukasi Terhadap Keaktifan Siswa Kelas XI Km 4 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 10 Gowa. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 2024;6:570–6.

Arisandy Debby, Marzal Jefri Maison. Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2021 Nov;05.

Hadi Trisman Novi, Muhammad Panji Muslim, Irmanda Nurramdhani Helena. PembuatanGameEdukasi menggunakan Game Maker Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Kreatif Bagi Siswa SMK Badan Perguruan Indonesia Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Komputer (ABDIKOM). 2023 Jun;2:37–43.

Rizaldi Taufiq, Putranto Arief Hermawan, Afriansyah Lutfi Faisal. Judul Pelatihan Game Maker Construct untuk Peningkatan Dasar Logika dan Kreatifitas Pada Siswa SMP. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). 2024;5:1029–37.

Rohmanto Ricky, Tyana Anjas, Mu’minin Mi’razul Ayi. Pelatihan Cara Membuat Game Edukasi Jaringan Local Area Network (LAN) Menggunakan Construct 2 Bagi Siswa SMK. Journal of Human And Education. 2024;4(1).

STMIK STIKOM Indonesia. Modul Praktikum Game Development. https://instiki.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/Modul-Game-Development.pdf. 2022.

Additional Files

Published

21-05-2025

How to Cite

Pelatihan Teknologi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Muhammadiyah 15 Jakarta. (2025). Jurnal Bakti Dirgantara, 2(2), 116-123. https://doi.org/10.35968/j44qvn80