Implementasi Pendidikan Kesehatan Hand Hygiene dalam Upaya Pencegahan Diare pada Anak Usia Pra Sekolah di PAUD Kuntum Mekar
DOI:
https://doi.org/10.35968/1vg3nq45Keywords:
Anak Usia Pra Sekolah, Pencegahan Diare, Pendidikan KesehatanAbstract
Diare merupakan defekasi encer yang terjadi lebih dari tiga kali dalam 24 jam. Pendidikan kesehatan adalah kegiatan pembelajaran yang dibangun secara sadar dan mencakup berbagai bentuk komunikasi untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan. Hand hygiene adalah tindakan membersihkan tangan mengunakan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil implementasi pendidikan kesehatan hand hygiene dalam upaya pencegahan diare pada anak usia pra sekolah di PAUD Kuntum Mekar. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif. Subjek dalam kasus ini sebanyak 4 orang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari 10 pernyataan tentang langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar. Hasil dari penelitian yang dilakukan sebanyak 2 hari pengambilan data sebelum dilakukan pendidikan kesehatan hand hygiene didapatkan skor rata-rata 4,5 dengan kategori kurang baik dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan hand hygiene didapatkan skor rata-rata 7 dengan kategori baik, skor rata-rata perbandingan sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan hand hygiene adalah 4,5 : 7 dengan mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi pendidikan kesehatan hand hygiene mampu meningkatkan keterampilan mencuci tangan dalam upaya pencegahan diare pada anak usia pra sekolah di PAUD Kuntum Mekar.
Diarrhea is watery defecation that occurs more than three times in 24 hours. Health education is a learning activity that is built consciously and includes various forms of communication to increase understanding about health. Hand hygiene is the act of cleaning your hands using soap and running water or with a hand sanitizer. The aim of this research is to determine the results of the implementation of hand hygiene health education in efforts to prevent diarrhea in pre-school children at PAUD Kuntum Mekar. This type of research uses descriptive case studies. The subjects in this case were 4 people according to the inclusion and exclusion criteria. The instrument used was an observation sheet consisting of 10 statements regarding the steps for good and correct hand washing. The results of research carried out for 2 days of data collection before the hand hygiene health education was carried out obtained an average score of 4.5 in the poor category and after the hand hygiene health education was carried out an average score of 7 was carried out in the good category, the average score is a comparison before and after hand hygiene health education was 4.5: 7 with an increase. The conclusion of this research is that the implementation of hand hygiene health education is able to improve hand washing skills in an effort to prevent diarrhea in pre-school children at PAUD Kuntum Mekar.